Deep Tunnel adalah solusi yang
cukup efektif dalam menghadapi masalah banjir di Jakarta. Rancangannya yang terletak di bawah tanah menyebabkan debit air yang berlebih dapat ditampung lebih banyak dari biasanya. Sehingga
banjir yang ada dapat diatasi dan dikontrol dengan baik.
Pembangunan deep tunnel pada
keadaan sekarang dapat
menjadi inovasi yang cerdas dalam penanganan banjir yang tidak kunjung terselesaikan di Jakarta . Sebagai gambarannya deep tunnel ini nantinya akan terhubung dengan sungai-sungai utama yang
bisa dihubungkan dengannya, misalnya dibuat sodetan seperti sodetan dari Ciliwung
ke Kanal Banjir Barat (Rudi, 2014). Sehingga kedepannya masalah banjir tidak di
titik beratkan lagi pada kanal banjir yang hanya mampu mengurangi 20-30 persen.
Proses pembangunan deep tunnel memang
cenderung lebih sulit untuk dilakuakan di kota Jakarta. Bukan hanya pada
saat pembuatannya tetapi juga setelah pembuatannya seperti monitoring secara
berkala (F. Pelli, 1990). Selain itu pada bagian utara jakarta memiliki jenis tanah soft soil atau bertanah lembek. Kondisi
tersebut akan membuat pembangunan deep
tunnel tidak mudah karena kontruksi harus dilakukan di tanah yang lembek.
Tetapi keadaan ini sudah di jawab oleh priseden republik Indonesia saat ini.
Apabila tanahnya lembek kan ada teknologi, Artinya di zaman seperti ini semua bisa
direka (Akuntono, 2013). Oleh karena itu, proses pembuatan deep tunel masih dapat
dilaksanakan dan harus dipertimbangkan melihat besarnya manfaatnya terutama
dalam menghadapi masalah banjir.
Dengan demikian, diperoleh kesimpulan bahwa deep tunnel merupakan solusi yang tepat. Walaupun penerapannya masih
terkesan sulit di Jakarta. Terlepas dari itu konsepnya tetap memiliki potensi besar dalam
menghadapi masalah banjir.
Sumber
Akuntono, I. 2013. Jokowi Yakin
Pembangunan "Deep Tunnel" Bisa Direkayasa.
http://megapolitan.kompas.com/read/2013/03/06/06175453/Jokowi.Yakin.
Pembang unan.Deep.Tunnel.Bisa.Direkayasa.
Aziza, K. S. 2015.
Ahok Sudah Tolak,
Djarot Kembali Hidupkan
Wacana "Deep Tunnel".
http://megapolitan.kompas.com/read/2015/02/13/14260131/Ahok.Sudah.Tolak.
Djar ot.Kembali.Hidupkan.Wacana.Deep.Tunnel.
F. Pelli, E. A.
1990. The influence of near face behaviour on monitoring of deep tunnels.
RUDI, A. 2014. Ahok Diminta Hidupkan
Kembali Rencana Pembangunan Deep Tunnel.
http://megapolitan.kompas.com/read/2014/12/30/04585231/Ahok.Diminta.
Hidupkan.Kembali.Rencana.Pembangunan.Deep.Tunnel.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar